Siapa sajakah pemeran utama dalam siaran Radio?
Jawabannya ada 5 Aktor/Aktris yang melakoni peranan tersebut.

A. Radio Program

B. Radio Production

C. Radio DJ

D. Radio PR Marketing

E. Radio Technition

Apabila Aktor/Aktris itu diibaratkan komponen-komponen yang menghuni kepala manusia, maka peranan mereka dapat dibagi menjadi:

A. Radio Program menempati komponen Otak.

B. Radio Production menempati komponen Telinga.

C. Radio DJ menempati komponen Mulut.

D. Radio PR Marketing menempati komponen Mata.

E. Radio Technition menempati komponen Hidung.

-*

Jika anggota-anggota kepala tersebut digunakan manusia untuk berpikir, mendengar, berbicara, melihat, dan membaui, begitu juga ibaratnya tugas dan tanggung jawab para pemeran utama siaran radio.
Namun dalam bab ini saya ingin mempersempit pemeran utama atau penanggung jawab penyelenggaraan siaran radio menjadi 4 bagian. Mereka itu adalah Radio Program, Radio Production, Radio DJ, Radio management.
Pengurangan ini bukan berarti saya menyatakan bahwa pemeran-pemeran lainnya tidak penting. Jelas itu adalah pernyataan ngawur. Jangankan peranan General Manager, HRD atau Finance misalnya. Bukankah Office Boy juga sangat dibutuhkan oleh setiap stasiun radio? Sehingga dapat saya nyatakan dengan tegas, bahwa masing-masing anggota stasiun radio jelas memiliki peranan yang penting.
Sama juga seperti perumpamaan yang saya contohkan diatas. Sebuah stasiun radio dapat diibaratkan seperti seluruh anggota tubuh manusia. Lalu siapa yang berani menyatakan (maaf) buang air besar (b.a.b) tidak penting bagi seorang manusia. Meskipun kita semua juga tahu bahwa b.a.b hanyalah ‘sesuatu’ yang untuk dibuang. Tapi apa jadinya jika ‘sesuatu’ itu selama 1 bulan tetap mengendap di dalam tubuh seseorang. Saya jamin orang tersebut akan mengalami sakit perut, kembung, sakit kepala, dan merembet pada gangguan-gangguan lain yang dapat mengacaukan aktifitasnya.

Jadi maksud dipersempitnya peranan penanggung jawab penyelenggaraan siaran radio, bertujuan agar pembahasan dalam bab ini dapat menghasilkan pemahaman yang lebih spesifik.

by oleh : HM Dive, SE, MBA.

Label: